Cuka Apel, Inilah Khasiat Yang Katanya Manjur Untuk Atasi Diare!

Cuka Apel, Inilah Khasiat Yang Katanya Manjur Untuk Atasi Diare!
rakyataktual.Mengalami diare tentu sangat tidak nyaman. Saat diare, Anda akan terus bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air besar. Kram, perut kembung, dan iritasi kulit di sekitar anus bisa muncul saat Anda mengalami diare. Memang ada banyak obat diare yang dijual bebas dan mudah Anda dapatkan.

Namun, sudah coba mengatasi diare dengan cuka apel? Ini dia khasiat cuka apel dalam mengatasi diare.

Benarkah cuka apel ampuh mengatasi diare?
Cuka apel terbuat dari ekstrak apel yang difermentasi. Fermentasi apel ini menghasilkan senyawa pektin yang membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Keberadaan bakteri baik di usus ini sangat baik bagi pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna serta mencegah peradangan pada organ cerna. Sebuah penelitian membuktikan bahwa cuka apel memiliki sifat antibiotik alami yang dapat menghancurkan bakteri E.coli dan juga Salmonella.
Bakteri ini menjadi menjadi penyebab utama diare dan keracunan makanan. Karena cuka apel berperan sebagai antibiotik alami, maka beberapa peneliti menyimpulkan bahwa bahan ini efektif untuk mengatasi diare akibat infeksi bakteri. Beberapa bukti penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memberikan waktu untuk feses dapat mengeras sebelum dikeluarkan.

Cuka apel yang mentah, organik, dan tanpa penyaringan adalah jenis cuka apel yang direkomendasikan untuk menjadi obat diare alami. Biasanya, cuka apel jenis ini berwarna keruh dan terdapat serat-serat halus di dalamnya. Namun, meskipun ada penelitian yang menyatakan bahwa bahan ini cukup efektif tetapi tetap dibutuhkan penelitian lanjutan.

Pasalnya, cuka apel melalui proses fermentasi yang menghasilkan asam asetat. Asam asetat inilah yang pada beberapa orang justru dapat menyebabkan sakit perut, mulas, bahkan memperparah diare.

Selain itu, terkadang Anda tidak mengetahui apakah diare yang Anda alami dikarenakan bakteri atau justru masalah kesehatan tertentu. Jika penyebab diare bukan karena bakteri, maka khasiat cuka apel untuk mengatasi masalah pencernaan yang satu ini tidak akan bekerja efektif.

Efek samping cuka apel sebagai obat diare
Cuka apel bersifat sangat asam. Jika Anda meminumnya langsung tanpa diencerkan, maka bukannya menyembuhkan diare Anda malah akan merusak jaringan mulut, tenggorokan, dan juga kerongkongan. Selain itu, cuka apel yang diminum secara langsung juga dapat merusak lapisan pelindung gigi karena terlampau asam.
Jika Anda minum cuka apel terlalu banyak dalam satu waktu, justru bahan ini dapat memicu diare. Pasalnya, kandungan gula di dalam cuka justru merangsang gerakan usus yang bisa menjadi penyebab diare. Berbagai risiko lainnya yang perlu dipertimbangkan yaitu:
  • Menurunkan kepadatan tulang jika dikonsumsi berlebihan.
  • Menurunkan kadar kalium yang menyebabkan detak jantung tidak teratur, tekanan darah rendah, dan lemah otot jika dikonsumsi berlebihan.
  • Berpengaruh negatif pada kadar gula dan insulin pada orang dengan diabetes tipe 1.
  • Menganggu efektivitas obat diabetes dan antibiotik seperti tetrasiklin.
Khasiat cuka apel untuk mengatasi diare sampai saat ini memang belum dapat dibuktikan secara pasti, sehingga Anda tidak bisa mengandalkannya sebagai obat pereda diare. Pasalnya, cuka apel itu sendiri bukanlah obat. Namun, Anda tetap bisa mencobanya dengan mengonsumsi 1 hingga 2 sendok teh cuka apel dengan mengencerkannya di dalam segelas air sebanyak dua kali sehari hingga gejala mereda. Jika setelah mengonsumsi diare justru semakin parah, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat. Pastikan untuk beristirahat dan mengonsumsi banyak cairan jika Anda mengalami diare.

Comments

Popular posts from this blog

Aksi Kemanusiaan Mahasiswa UBK Di Kampung Pemulung

Inilah Foto Menakjubkan Keren Yang Tak Perlu Editan